menu utama

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Kamis, 01 Juni 2017

PERBEDAAN RUANG LINGKUP DAN KEDALAMAN MATERI PELAJARAN IPA SETIAP JENJANG PENDIDIKAN

Salam pendidikan,
Pembaca yang budiman, meskipun pada jenjang Pendidikan yang berbeda ditemukan mata pelajaran, poko bahasan, atau tema yang yang sama, namun sebenarnya sejauh mana kompetensi yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran berbeda pada setiap jenjang. Hal ini disesuaikan dengan tahapan perkembangan 3 aspek belajar yang dicapai siswa pada jenjang tertentu secara rerata.
Sebagai indifidu yang memiliki berbagai kelemahan, seorang guru atau pendidik mungkin saja terobsesi melihat kemajuan siswa kelompok atas dalam suatu rombongan belajar (kelas) sehingga secara tidak sadar mengabaikan kelompok lain (sedang dan bawah) dalam kelas tersebut.
Oleh karena hal tersebut, maka tepat rasanya jika Pemerintah memberikan rambu-rambu dan batasan kompetensi ketuntasan dalam pembelajaran setiap jenjang pada materi yangg sama.
Pelajaran IPA adalah mata pelajaran yang sebenarnya bersifat aplikatif dari pelajaran pokok lain yang fundamental seperti matematika (kalkulus). Dengan demikian pelajaran IPA lebih dekat untuk diterapkan dan diaplikasikan dalam kehidupan siswa dalam keseharianya.
Atas dasar hal tersebut di atas, pelajaran IPA menempati ruang yang vital untuk dipahami seorangg siswa. Berikuut tabel ruang lingkup pelajaran IPA dalam 3 jenjang yang berbeda, sebagai bahan perbandingan.




Ruang Lingkup
Ruang lingkup materi Ilmu Pengetahuan Alam pada Jenjang
SD/MI I-III


SD/MI IV-VI
SMP/MTs
SMA/MA
Kerja Ilmiah dan Kesela-matan Kerja

Metode Ilmiah dan Keselamatan Kerja
(dengan kompleksitas permasalahan yang meningkat)


Makhluk Hidup dan Sistem Kehidupan
Bagian tubuh manusia dan perawatan-nya
Makhluk hidup di sekitarnya (ciri, bagian, cara peme-liharaan)
Gejala alam, lingkungan, tumbuhan, hewan, dan manusia secara makro
Gejala alam, lingkungan dan perubahannya, tumbuhan, hewan, dan manusia secara mikro
Objek biologi Meliputi 5 Kingdom
Tingkat Organisasi Kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan biosfer)
Ragam persoalan biologi (keanekaragaman makhluk hdup, makhluk hidup dan lingkungan, struktur dadn fungsi, regulasi, genetika, evolusi, dan bioteknologi)
Energi dan Perubahan­nya
Sumber dan Bentuk Energi
Gaya dan Gerak
Sumber Energi
Bunyi
Cahaya
Sumber Daya Alam
Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor
Rangkaian Listrik Sederhana dan Sifat Magnet
Gerak dan Gaya
Usaha (kerja) dan Pesawat Sederhana
Tekanan
Gelombang dan Optik
Kelistrikan dan Kemagnetan
Teknologi ramah lingkungan

Mekanika
Termodiamika
Gelombang dan Optik
Listrik Statis dan Dinamik
Arus Bolak-balik
Fisika Modern
Teknologi Digital
Materi dan Perubahan­nya
Ciri benda
Wujud benda

Perubahan Wujud
Penggolongan Materi
Penggolongan dan Perubahan materi
Zat Aditif dan Adiktif
Partikel Materi

Komposisi, Struktur, dan Sifat (Rumus Kimia, Struktur Atom, Ikatan Kimia, dan Tabel Periodik Unsur)
Transformasi (Rekasi Kimia, Persamaan Kimia, Hukum-hukum Dasar Kimia, Stoikiometri, Asam, Basa, dan Larutan)
Dinamika (Laju Reaksi, Kesetimbangan Kimia, Sifat Koligatif)
Energitika (Termokimia, Elektrokimia)
Terapan Kimia/Isu Kimia (Senyawa Karbon, Senyawa Anorganik)
Bumi dan Antariksa
Siang dan Malam
Perubahan Cuaca dan Musim
Tata Surya
Bumi, Bulan, dan Matahari
Lapisan Bumi
Tata Surya

Gerak Planet dalam Tata Surya
Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masya-rakat
Dampak Perubahan Musim terhadap Kegiatan Sehari-hari
Lingkungan dan Kesehatan
Perawatan Tumbuhan
Sumber Daya Alam
Pemanasan Global
Teknologi Ramah Lingkungan
Tanah
Pemanasan Global dan Dampaknya bagi Kehidupan dan Lingkungan
Energi Alternatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda sangat berguna bagi kemajuan pendidikan di negara ini